www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Indonesia Menawarkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ke Bank Jepang

Posted by On 17.24

Indonesia Menawarkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ke Bank Jepang

Indonesia Menawarkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ke Bank Jepang

Pemerintah menawarkan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya kepada Japan Bank for International Cooperation (JBIC)

Indonesia Menawarkan Proyek Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ke Bank JepangKOMPAS/WISNU WIDIANTOROPresiden Joko Widodo bersama rombongan melihat maket kereta cepat saat peletakan batu pertama megaproyek transportasi massal itu, Kamis (21/1/2016), di perkebunan teh Mandalawangi Bagian Maswati di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dalam kesempatan itu, sekaligus dicanangkan pengembangan sentra ekonomi koridor Jakarta-Bandung.

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah menawarkan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya kepada Japan Bank for International Cooperation (JBIC).

Menteri Perhubungan ( Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, kerja sama ini kemungkinan dapat dilakukan antar pemerintah (G2G) atau bisnis (B2B).

"Kalau JBIC menawarkan konsep yang baik, terutama melibatkan swasta, swasta Jepang dan Indonesia ini suatu kemajuan yang luar biasa," kata Menhub Budi Karya di sela-sela acara Indonesia-India Infrastructure Forum (IIIF) di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Budi menjelaskan, perwakilan dari JBIC telah memaparkan konsepnya kepada pemerintah beberapa hari lalu. Dalam kesempatan tersebut, muncul topik kemungkinan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya dapat melibatkan swasta.

"Bisa dengan BUMN bisa dengan private (swasta) Indonesia. Jadi itu konsep yang mereka sudah lakukan di Amerika dan mereka akan meng-exercise (mencoba) di sini, tap i kami akan bahas lebih detil. Harapannya syarat yang ditetapkan JBIC tidak complicated (rumit)," tutur Budi Karya.

Lebih lanjut, Menhub Budi Karya menyatakan pemerintah berharap ada peluang bagi swasta untuk berinvestasi di sektor perkeretaapian. Apalagi, proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya dinilai memiliki nilai tambah yang lebih baik dibandingkan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Meskipun demikian, Menhub Budi Karya menyebut pemerintah enggan terburu-buru dalam pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Sebab, hal berkaca pada pembangunan kereta Jakarta-Bandung hingga saat ini masih terkendala pembebasan lahan sehingga pengerjaannya terhambat.

"Kami lihat Jakarta Surabaya ini strategis. Selain memberikan konektivitas antara Jakarta-Semarang-Surabaya jadi lebih cepat, tapi di situ ada unsur safety-nya (keamanan) di Jakarta-Surabaya ada lebih dari 800 lintasan sebidang dan dengan kita membangun ini kami melakukan ini bisa member ikan safety," terang Budi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Tawarkan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ke Bank Jepang",

Editor: m nur huda Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Bukan Meninggal Dunia Usai Melahirkan, Ternyata Inilah Penyebab Meninggalnya Istri Kedua Opick Sumber: Google News | Berita 24 Jakarta

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »