Sejuta Cinta untuk Amarzukih: Akhir Cerita Bersama Persija Jakarta

Sejuta Cinta untuk Amarzukih: Akhir Cerita Bersama Persija Jakarta Jelang bergulirnya musim kompetisi baru, Persija Jakarta berbenah. Selain...

Sejuta Cinta untuk Amarzukih: Akhir Cerita Bersama Persija Jakarta

Jelang bergulirnya musim kompetisi baru, Persija Jakarta berbenah. Selain mendaratkan beberapa pemain baru, tim Macan Kemayoran juga melepas sejumlah pemain. Total sejauh ini sudah ada sepuluh pemain yang dilepas, termasuk Ryuji Utomo yang bergabung ke kesebelasan kompetisi level kedua Liga Thailand, PTT Rayong. Sementara dua pemain lain, Evram Awes dan Jefri Kurniawan, statusnya adalah dipinjamkan ke klub lain.

Dari sepuluh nama yang dilepas, satu nama yang paling menarik adalah Amarzukih, gelandang bertahan senior yang sudah memperkuat Persija selama kurang lebih tujuh tahun. Pemain yang bernama lengkap Ahmad Marzukih ini mendarat di Persija setelah memperkuat tim asal Jakarta lain, Persitara Jakarta Utara, dari tahun 2004 hingga 2010.

Amarzukih merupakan cult hero untuk Persija Jakarta. Secara teknik mungkin ia tidak terlalu menonjol, tetapi di atas lapangan ia selalu tampil maksimal untuk tim yang memiliki jersey kebesaran berwarna oranye tersebut. Plus ada satu nilai tambah lain, Amarzukih adalah anak Betawi asli. Ia merupakan putra daerah yang secara kuantitas saja begitu minim di tubuh Persija.

Maka, setiap perkembangan dari pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut begitu diamati secara seksama oleh The Jakmania, sebutan bagi para penggemar Persija. Mereka tentu ingat betul perkembangan Amarzukih dari sekadar gelandang dengan tipe breaker, makin lama sudah bisa terlibat banyak dalam permainan. Keputusannya untuk tetap bertahan selama tujuh tahun ke belakang, terutama di saat tim sedang berada di kondisi yang sulit, sangat layak diapresiasi. Loyalitas tersebut tentu membuat ia menjadi sosok yang dicintai oleh para suporter.

Dilepasnya A marzukih merupakan sesuatu yang tidak bisa dihentikan lagi. Ia tentu menatap nanar ketika pemain senior lain, Maman Abdurrahman, mendapatkan kontrak baru. Masalahnya adalah, Persija mesti melakukan perombakan tim untuk bisa terus bersaing di papan atas. Apalagi, misi dari Direktur Umum Persija, Gede Widiade, Macan Kemayoran bisa menembus peringkat tiga besar di musim kedua, dan bisa menjadi juara di musim kelima setelah ia mengakuisisi klub pada awal tahun 2017 lalu.

Amarzukih dilepas, tetapi Persija kemudian melakukan langkah yang bagus dengan mengikat Sandi Sute, dan mendatangkan Septinus Alua yang berusia lebih muda dan lebih segar. Apakah yang dilakukan Persija kepada Amarzukih adalah sesuatu yang tidak baik? Belum tentu. Atas nama perubahan, proses tersebut mesti memakan korban. Mau tidak mau, terkadang ada yang mesti dilepas untuk menggapai sesuatu yang lain.

Amarzukih selalu berujar bahwa Persija Jakarta adalah klub kebanggaanya, di mana biasanya ia kemudian men ambahkan bahwa ia akan terus bertahan selama tenaganya masih dibutuhkan. Kesetiaan seperti yang dilakukan oleh Amarzukih merupakan sesuatu yang langka, apalagi mengingat sistem kontrak di sepak bola Indonesia yang mayoritas hanya berdurasi satu musim saja. Doa untuk kesuksesan Amarzukih di tempat baru di mana ia akan berlabuh nanti tentu akan dipanjatkan oleh The Jakmania. Ini bisa jadi akhir cerita antara Amarzukih dan Persija, tetapi tentunya ia akan kembali seperti kata-kata yang ia selalu ucapkan, ia akan kembali apabila memang benar-benar dibutuhkan.

Author: Aun Rahman (@aunrrahman)
Penikmat sepak bola dalam negeri yang (masih) percaya Indonesia mampu tampil di Piala Dunia

Sumber: Google News | Berita 24 Jakarta

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,6,Nasional,4,
ltr
item
Berita 24 Jakarta: Sejuta Cinta untuk Amarzukih: Akhir Cerita Bersama Persija Jakarta
Sejuta Cinta untuk Amarzukih: Akhir Cerita Bersama Persija Jakarta
https://football-tribe.com/indonesia/wp-content/uploads/sites/10/2017/12/Sejuta-Cinta-untuk-Amarzukih-Akhir-Cerita-Bersama-Persija-Jakarta.jpg
Berita 24 Jakarta
http://www.jakarta.berita24.com/2017/12/sejuta-cinta-untuk-amarzukih-akhir.html
http://www.jakarta.berita24.com/
http://www.jakarta.berita24.com/
http://www.jakarta.berita24.com/2017/12/sejuta-cinta-untuk-amarzukih-akhir.html
true
3754655267768481455
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy